Kurangkah Dermawan Indonesia?

Poverty is the worst form of violence. Mahatma Gandhi

 

menurut wikipedia, kemiskinan adalah suatu keadaan dimana terjadi ketidakmampuan dalam memenuhi kebutuhan dasar seperti sandang, pangan, dan papan. bank dunia sempat mengukur kemiskinan dengan standar penghasilan dibawah $1-2 per hari (jika dikurs pada 2010 Rp 9.130-18.260). maka dari angka ini saja sudah terkesan ironis sekali mengingat angka pertumbuhan ekonomi indonesia berada pada level 5,7% pada tahun 2010.

pada tahun yang sama jumlah penduduk indonesia berjumlah 237.641.326 jiwa dengan laju pertumbuhan penduduk sebesar 1,49% per tahun. hal ini kemudian akan dihubungkan dengan presentase tingkat kemiskinan yang pada tahun 2010 mencapai 13,33% atau sekitar 31.677.588 jiwa.

angka tersebut bukan angka yang kecil jika kita melihat target MDGs (Millennium Development Goals) melihat target negara-negara didunia bahwa pada 2015 angka kemiskinan harus berkurang bahkan tidak ada sama sekali. jika angka tersebut menjadi patokan, maka pemerintah indonesia mendapatkan masalah yang besar untuk mengurangi angka tersebut.

seandainya 205.963.738 jiwa orang indonesia yg tidak berada pada kondisi kemiskinan bisa menyisihkan paling tidak Rp 5.000 per hari, setidaknya 31.677.588 jiwa orang miskin diindonesia bisa menikmati Rp 32.000 setiap harinya atau Rp 975.281 setiap bulannya. penyisihan Rp 5.000 per hari bukanlah hal yang sulit mengingat kondisi keuangan sebagian besar rakyat indonesia berada pada taraf yang cukup.

yah, tapi bagaimana pun kondisi yang terjadi. pemerintah indonesia khususnya dan negara-negara didunia harus bekerja keras untuk menuntaskan target MDGs ini. dan kesimpulannya orang dermawan indonesia itu tidak kurang, hanya saja belum tergerak hatinya. semoga hati para dermawan indonesia menjadi tergerak dan langsung membantu kondisi keuangan keluarga kita yang tidak mampu.

Potret Kemiskinan Indonesia (C) Google Indonesia

Potret Ketimpangan Sosial-Ekonomi Indonesia (C) Google Indonesia

Pembangunan yang terjadi dikota besar di Indonesia (C) Google Indonesia

 

Posted in Ekonomi, Pandangan, Sosial

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: